I wish and I will…

Sering sekali kita berkeinginan untuk berubah. Kita bosan dengan keadaan seperti sekarang. Merasa jemu dengan semua keadaan yang rutin. Tidak puas dengan apa yang kita capai. Tidak puas itu bagus, jika ditunjang dengan sikap hati untuk terus berusaha mencari yang lebih baik dan lebih memaksimalkan kemampuan kita, ada tindakan disitu. Tetapi, saat ini aku ga’ mau bahas mengenai ketidakpuasan tersebut, tujuan tulisan ini untuk membuat kita menyadari bahwa kita harus bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya yang kita miliki saat ini, bukan besok, bukan juga kemarin.

Jose Carol dulu pernah berkata, “Today is the best day of my life, not tomorrow nor yesterday, but today”. Saya setuju dengan beliau. Karena disaat inilah kita bisa berlaku habis-habisan untuk segala rencana dan tanggung jawab yang kita punya. Jangan mimpi untuk melakukan segala sesuatu lebih baik, lebih maksimal, lebih hebat nanti… tetapi lakukan segala sesuatu dengan kemampuan terbaikmu sekarang. Kita hidup pada saat ini, bukan hidup dimasa kemarin, atau bukan juga hidup di masa esok.

Banyak sekali konsep ‘the mid-day dreams statement’ yang selalu berpikir I wish and I will. Contohnya: Kalo saya kerja di perusahaan itu, saya pasti bisa kerja lebih baik; Kalo saya punya uang lebih banyak, saya pasti akan sekolah lagi; Kalo saya nanti menikah, pasti saya lebih rajin; Let’s be honest… Berapa banyak I wish and I will yang kamu utarakan? And see, berapa banyak yang menjadi kenyataan? Saya rasa tidak banyak… mungkin juga ada, baguslah kalau memang begitu.

Kebenarannya adalah, ketika kamu saja tidak bisa bertanggung jawab dengan hidup kamu saat ini, dengan pekerjaan kamu saat ini, dengan uang yang kamu punya saat ini, dengan talenta yang sudah diberikan, dengan ‘kepercayaan’ yang telah kamu miliki, bahkan dengan hidup kamu, bagaimana mungkin kamu yakin bahwa kamu akan bertanggung jawab nanti? From the small things comes the great things. Kalau kamu saja tidak bisa memberikan yang terbaik untuk hal-hal yang sekarang menjadi tanggung jawab kamu, jangan harap nantinya kamu pasti akan bisa melakukan yang terbaik kemudian. Dan satu hal yang pasti, jangan harap perubahan itu terjadi secara mendadak dan instan.

Be honest with yourself… Set your own life wisely. Apapun yang dapat kamu lakukan saat ini, lakukanlah sebaik-baiknya. Jangan berpikir nanti aku akan, nanti aku pasti, nanti aku bisa… Tetapi bersyukurlah dengan apa yang kamu punya sekarang, lakukan semua rencanamu sekarang, do the best in every single step of ur life. Supaya ketika kita menengok kebelakang, kita tidak akan menyesal akan hidup yang kita miliki.

Xxo,

Dea

{a post from April 16, 2007}

Leave a Reply

