4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 1)

Guys and Gals!

Aku dapat sebuah kesempatan seru untuk ikutan nyumbang pengalaman waktu travelling sendirian di kota Praha, Ceko, Eropa Tengah, di majalah Gogirl! Indonesia. Seneng bangettttt pastinya! Apalagi ketika akhirnya majalah itu terbit, nama aku tercantum di lembaran kertas warna warni itu dan majalahnya berada di tangan sendiri setelah dapat free copy dari pihak Gogirl! – happy nya berasa mau joget-joget ala tinky winky 😉

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 1)6

Tulisan tentang Praha ini telah diterbitkan di majalah Gogirl! Indonesia edisi November 2013

Artikel yang diterbitkan adalah hasil olahan kata dari Editor Gogirl! supaya bahasanya terdengar lebih gahol 😉 sesuai dengan konsumsi para pembaca setia Gogirl!. Tapiii, inilah aselinya artikel yang aku tulis untuk pihak Gogirl!. Jika kamu pembaca setia Gogirl!, pastinya kamu bakalan amazed, dari artikel segini panjang, bisa di edit manis sama mbak Editor manis ditambah hasil desain layout-nya yang keren banget plus manis! I am indeed the happy writer! Sebagai bagian dari komitmen pribadi untuk ambil bagian memanjakan para pembaca berbahasa Indonesia, aku rasa ga ada salahnya kalau artikel ini jadi pionir artikel berbahasa Indonesia di blog ini 🙂

Well, let’s check it out folks! 😉

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Part 1)

Biasanya untuk seorang yang baru pertama kali ke benua Eropa, mereka akan memilih negara-negara yang terletak di Eropa bagian barat untuk dikunjungi pertama kali, seperti Perancis, Swiss, Belanda, Jerman, dan lainnya. Tetapi perjalanan pertamaku ke benua Eropa ini, Praha yang terletak di negara Ceko merupakan salah satu pilihan utama untuk ku kunjungi.

Siapa yang bilang berkunjung ke negara Eropa akan sangat mahal sekali? Kita bisa melakukan penghematan dari berbagai macam cara. Seperti yang aku lakukan ketika di Praha. Aku menginap di Hostel Marrakesh yang terletak di Biskupská 1139/4, 110 00 Praha, Czech Republic. Hostel yang berbentuk rumah ini, sangat nyaman untuk ditempati. Sejak pertama kali masuk ke dalam ruang tamunya, telah membuat aku jatuh cinta akan interior hostel yang terkesan sangat hommy. Dengan membayar Euro 8/malam, kita telah mendapatkan breakfast juga. Kamar yang aku tempati adalah sebuah dorm khusus wanita yang terdiri dari 8 tempat tidur, dengan kamar mandi berada di luar. Kamarnya sangat nyaman dan bersih. Kita pun bebas untuk masak memasak di dapur, dengan catatan harus membersihkannya kembali. Tinggal di hostel melatih kita untuk mandiri dan perduli akan kepentingan orang lain, selain itu, kita juga jadi banyak bertemu dengan para traveller lain yang berasal dari berbagai bangsa. Hanya harus diperhatikan dengan seksama aturan-aturan dari tiap hostel yang mungkin bisa berbeda-beda. Seperti yang berlaku di hostel Marrakesh, check in terawal adalah pukul 3 siang, sehingga ketika aku sampai di hostel pukul 2 siang, mereka tidak mau menerimaku dan aku harus berkeliling sesaat sambil menunggu pukul 3 siang tiba.

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 1)7

Hostel Marrakesh yang interiornya hommy banget

Hari Pertama

Hari pertama di Praha kuhabiskan bersama seorang teman yang mengajakku mengitari Prague Castle (Prazsky Hrad) yang terletak di Pražský hrad, 119 08 Praha 1. Untuk mencapai Prague Castle ini dari hostel adalah dengan menaiki Metro. Metro di Praha terdiri dari 3 line, yaitu line hijau, merah dan kuning. Sangat mudah untuk mengikuti peta Metro yang dapat dilihat di setiap stasiun Metro. Aku pun mengambil Metro dengan line hijau (A) dan berhenti di stasiun Malostranská. Dari situ, kami berjalan kaki menaiki tangga menuju Old Castle dan menuju gerbang Na Opyši. Jangan lupa untuk berhenti sebentar di tempat ini, karena pemandangannya sangatlah indah. Kita bisa melihat sekeliling kota Praha dengan atapnya yang berwarna keoranyean dan bergaya bohemian baroque yang sangat kental. Rasanya seperti tenggelam di dunia dongeng, dimana kota yang berada di depan kita bukan seperti kota nyata, namun hanyalah khayalan.

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 1)10

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 1)9

Pemandangan Lesser Town dari atas bukit Prague Castle

Setelah puas menikmati kota Praha dari atas bukit, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Prague Castle dimana tempat ini merupakan sebuah area besar yang berisi bangunan-bangunan gothic lainnya, seperti Kathedral St. Vitus yang terlihat begitu besar dan megah. Selain itu, Prague Castle memiliki 3 bagian utama, yaitu Prague Castle Courtyards, Prague Castle dan Prague Castle Gardens.

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 1)8

Jika beruntung, kita juga bisa melihat perubahan penjaga Castle tiap 1 jam sekali, ini merupakan kegiatan yang cukup menarik untuk dinikmati.

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 1)5

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 1)3

Rutinitas penggantian pengawas di Prague Castle

Prague Castle dibuka untuk umum dengan waktu buka yang berbeda-beda. Prague Castle Building Interiors tutup pada pukul 4 atau 5 sore, Gardens tutup pukul 6 – 9 malam (tergantung musim) dan Courtyards tutup paling malam yaitu pukul 11-12 malam. Puas mengelilingi Prague Castle, kami mengambil jalan keluar yang berbeda yaitu menuruni bukit dan sampai di Old Town Hall dengan Astronomical Clock nya yang sangat terkenal. Jam ini dibuat pada tahun 1401 dan masih berfungsi sampai saat ini. Setiap 1 jam sekali, antara pukul 9 pagi hingga 9 malam, jam tersebut akan berbunyi dan menunjukan atraksi yang sangat indah dari 12 patung kayu yang merupakan gambaran dari orang-orang suci yang terletak di atas jendela Astronomical Clock, serta gerakan-gerakan dari patung kayu lainnya yang menggambarkan kehidupan manusia seperti kematian, kesombongan, keangkuhan dan lainnya. Ketika jam selesai beratraksi, maka para wisatawan yang telah setia menunggu jam tersebut berbunyi, akan bertepuk tangan kegirangan.

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 1)4

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 1)1

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 1)2

Untuk menutup hari, kami pun menuju sebuah restaurant Kolkovna yang terletak di V Kolkovně 8, Prague 1, 110 00, tidak terlalu jauh dari Castle. Disini, aku mencoba masakan lokal yaitu Bramborové knedlíky plněné uzeným masem a se zelím. Namanya memang susah, tapi masakan ini adalah dumpling dengan daging sapi yang dicampur saus cranberry. Ditemani dengan bir Pilsner yang merupakan bir khas milik Ceko.

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 1)11

Salah satu makanan khas Praha

Perjalanan hari pertama di kota Medieval ini cukup terbilang sukses dan seru, yuks lanjut ke artikel berikutnya untuk mengikuti perjalananku hari selanjutnya http://wp.me/p3rRlp-mb di kota keren ini 🙂

Cheers,
Dea

16 comments

1. Mbak, saya rencana mau ke Praha tgl 1 september ini. Ada acara di Vysoka Skola Ekonomicka, dekat Hlavni Nadrazi. Kira” ada rekomendasi pesawat dan penginapan utk disana?

• Hi Dibyo, maaf baru baca komennya.. Coba deh buka hostelworld.com or booking.com nah bisa dicari disitu, soalnya Hlavni Nadrazi kan main station tuh, pasti banyak hostel/guest house dekat2 situ.. Kalau dulu saya staynya di Marrakesh Hostel, di Biskupská 1139/4, deketnya sama stasiun Metro Florenc 🙂 Good luck ya!

2. HI, Dea , so interesting , I will be in Prague Desember 17 – 21, 2014.

Membaca tulisan Dea, saya bisa menjalani nya nanti, thank you Dea

3. Hehehe Semoga ya kita tetep bisa ngebolang terus… menjejak dunia. amin. Eh Dea thanks a lot ya artikelku tayang di GoGirl Magazine December ini tentang Kashmir. 🙂 Holaaaa

• Ohhhh suppeerr happy! Selamat mak ngebolang 🙂 Aku ga ada tuh edisi yang terbaru hehee *ketauan cuma baca pas tulisan di muat doang, lol. Kashmir pasti super keren ya. Ada di blog mu kah? Kemarin kesana berapa hari? Sukses terus menulisnya yaaa.

• Thank you. Ya, Kashmir keren banget. Beberapa kali aku coba mbolang kesana, sejak tahun 2003 tapi selalu cancel. Entah karena masih gejolak perang, jalan ketutup salju dan lain hal. Alhamdullilh tahun ini kesampean kesana. Sama-sama, Sukses nulsinya buat kamu juga.