4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)

Ini adalah hari ketiga aku berjalan-jalan sendirian di negara Ceko.

Mau tau pengalaman aku pada hari pertama dan hari kedua? Silahkan berkunjung ke link berikut ini http://wp.me/p3rRlp-lW dan http://wp.me/p3rRlp-mb

Hari Ketiga di Kota Praha

Misi berbeda muncul pada hari ketigaku di Praha. Kali ini, aku tertarik dengan sebuah kota kecil yang berada di luar kota Praha juga. Namanya Český Krumlov, sekitar 172 km dari kota Praha. Awalnya, aku melihat sebuah brosur tentang day trip menuju Český Krumlov seharga 1700 ck (sekitar Rp. 995.000). Wow! Harga tersebut sangat mahal untukku. Kuputar keras otakku, kalau Kutna Hora saja berhasil kudatangi, aku yakin, pasti ada jalan untuk ke Český Krumlov. Kembali berbekal peta dan internet, aku mencari-cari cara untuk meraih kota kecil namun indah ini.

Český Krumlov memang terkenal dengan pemandangan indahnya dan merupakan salah satu site heritage dari UNESCO. Untuk mencapai Český Krumlov, terdapat 2 cara, yaitu dengan kereta atau coach bus. Aku memilih coach bus, yaitu the luxury Student Agency coach, yang berangkat tiap 2 jam sekali pada saat musim turis. Perjalanan memakan waktu 3 jam dan hanya berhenti selama dua kali yaitu di Pisek dan Ceske Budejovice. Dengan harga sekitar 155 ck, bus ini dapat dicapai dengan cara menuju stasiun Zlicin Underground menggunakan bus no. 100, dan kemudian ambil Line B menuju stasiun Andel.

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)10

Pemandangan kota Cesky Krumlov yang sangat cantik

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)12

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)11

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)9

Cesky Krumlov, romantic and intimate city

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)14

Kota Cesky Krumlov dari balik tembok Castle

Sesampainya di Český Krumlov, suasana kota yang tenang dan sejuk karena berada di sekitar pegunungan membuat perjalanan selama 3 jam terbayar sudah. Český Krumlov merupakan kota kecil yang dapat dikelilingi dengan berjalan kaki. Namun banyak para turis yang memilih untuk menginap di kota ini karena suasananya yang romantis. Aku pun yang berjalan sendirian, sangat menyukai kota ini. Banyak tempat yang bisa dilihat selama mengunjungi kota Český Krumlov, untuk pusat informasi turis, dapat menanyakan tentang kota ini dan membeli peta kota di Namesti Svornosti 2 38101, Český Krumlov.

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)15

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)13

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)16

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)17

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)22

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)18

Berkeliling kota Český Krumlov yang indah

Praha terkenal dengan castle-castlenya. Aku pun berkunjung ke Český Krumlov Castle. Berada di dalam castle membuat aku seperti kembali ke masa lalu, dimana raja dan ratu masih ada memerintah negara ini.

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)2

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)20

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)21

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)19

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)3

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)4

Selesai melihat-lihat castle, aku pun berjalan kaki menuju Former Jesuit Seminary serta Egon Schiele Art Centre, satu-satunya tempat yang menunjukan modern art diantara tempat yang bersuasana medieval ini. Terdapat berbagai macam museum yang menarik untuk dikunjungi, namun aku memilih untuk melihat kumpulan boneka marionette di Czech Marionettes Museum yang terletak di Latran 6, Český Krumlov. Tiketnya seharga 80 ck, dan kita akan disuguhkan dengan 1 ruangan penuh dengan boneka. Museum ini terkesan tidak terurus dan kurang penghasilan, namun koleksi bonekanya menarik, walau sedikit spooky karena tidak ada orang lain yang mengunjungi museum ini selain aku. Dan itupun setiap pengunjung dibiarkan bebas melihat-lihat koleksi boneka tanpa ada satu orang pun yang mengawasi. Dapat sedikit dipahami dari piagam-piagam yang ada bahwa boneka-boneka tersebut telah berumur cukup lama dan banyak yang ditampilkan dalam sebuah pertunjukan pada masa-masa Mozart. Museum ini kecil, sehingga tidak memerlukan waktu yang terlalu lama untuk berkeliling.

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)23

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)6

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)5

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)7

Marionette Museum

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)24

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)8

Sendirian di dalam ruangan penuh boneka ini

Spooky ya, tapi rasanya seru sekali melihat-lihat boneka ini dan berimajinasi bagaimana jika mereka ternyata “hidup” dan berbicara satu sama lain ketika pintu kita tutup 😉

Untuk menghabiskan hari di kota romantis ini, aku pun berjalan-jalan di taman sekitar. Patut diakui, rasanya beda sekali berjalan-jalan di taman kota Eropa ini dengan berjalan-jalan di taman kota Jakarta. Mengapa begitu? Karena pemerintahnya menjaga tempat-tempat bersejarah dan public park. Masyarakatnya juga bersih sih sih, di kota sebesar itu, tidak terdapat sampah-sampah di jalanan, bahkan satu plastik sekali pun.

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)26

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)25

4 Hari Solo Backpacking di Praha, Ceko (Day 3)1

Indahnya kalau Jakarta juga punya taman sebersih ini ya 🙂

PS : Catatan perjalanan ini juga dipublikasikan di Gogirl! Indonesia, pada Edisi November 2013 – go take a look!!! 😉

Cheers,

Dea

Advertisements

5 comments

    • Hi Nandito! Thanks for reading yaa.. hahaha, maaf baru sempetan bales komen di blog skrg daripada yg di FB 😛 – baru pulang kan, jadi baru bisa nengok-nengok blog lagi deh.. Itu si Cesky Krumlov, cakepnya aduuuhhh.. Bikin kangen deh tempatnya.. Eh sayang waktu itu saya kesananya sendirian, lol 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s