3 Hari di Budapest – Hari Kedua

Hai pembaca,

Cerita perjalananku hari pertama di kota Budapest ini, dapat di lihat di http://wp.me/p3rRlp-sV 🙂

3 Hari di Budapest - Hari Kedua18

Pemandangan kota Budapest dilihat dari Castle Hill

Petualangan Hari Kedua

Keesokan harinya, misiku berikutnya adalah berkeliling kota Budapest. Langkah pertama adalah mengunjungi Heroes Square (Hősök tere), area yang terbesar dan menarik di kota Budapest terletak di ujung jalan Andrássy. Cara mencapai tempat ini adalah dengan mengambil Line Metro M1 dan berhenti di Hősök tere. Hősök tere ini merupakan salah satu stasiun Metro tertua yang dioperasikan pada tahun 1896 dan dideklarasikan sebagai World Heritage Site.

3 Hari di Budapest - Hari Kedua1

Hősök Tere, stasiun metro tertua di Budapest

Di Heroes square, terdapat beberapa tempat yang layak banget kamu kunjungi. Salah satunya adalah Millenium Monument. Sebuah monumen besar yang dibangun tahun 1896 sebagai tanda perayaan seribu tahun sejak suku Magyar (Hungarians) melangkahkan kaki di Carpathian Basin. Pada Millenium Monument ini terdapat beberapa patung pahlawan yang menjadi simbol dari Perang, Kedamaian, Pekerjaan dan Kesejahteraan, Pengetahuan dan Kejayaan.

3 Hari di Budapest - Hari Kedua10

Millenium Monument

Selain dari Millenium Monument, terdapat banyak museum-museum keren yang dapat dikunjungi. Salah satunya adalah Museum of Fine Arts (Szepmuveszeti Muzeum) yang berisi pameran karya seni dari lukisan-lukisan tua, patung-patung, karya seni Mesir dan barang-barang klasik antik, dengan harga tiket masuk sebesar 2000 HUF. Tepat di depan Museum of Fine Art, terdapat Palace of Art yang menampilkan hasil karya seni dari para artist kontemporer modern. Masuk kedalamnya perlu membayar 2000 HUF lagi, namun tempatnya seru! Karya-karya yang di tampilkan keren-keren sekali. Terutama temporary exhibition yang saat itu sedang berlangsung.

3 Hari di Budapest - Hari Kedua17

Museum of Fine Arts

3 Hari di Budapest - Hari Kedua13

3 Hari di Budapest - Hari Kedua16

3 Hari di Budapest - Hari Kedua12

3 Hari di Budapest - Hari Kedua15

3 Hari di Budapest - Hari Kedua14

Beberapa karya seni yang terdapat di Palace of Art

 

Puas dengan karya seni masa lampau dan masa kini, aku pun meneruskan perjalanan ku dengan menuju ke Vajdahunyad Castle. Budapest memang negara yang kalah glamor dengan Perancis, rata-rata Central Europe memang tidak semewah negara-negara di West Europe. Namun kesan Medievalnya sangat kental terdapat dari arsitektur gedung-gedungnya. Ini merupakan daya tarik tersendiri bagi Budapest selain memberikan kesan misterius yang menarik. Begitu juga dengan Vajdahunyad Castle. Rasanya seperti berada di dunia mimpi. Terlebih lagi ketika aku menyusuri area Vajdahunyad Castle. Suasana sepi dan jauh dari keramaian membuat atmosfir castle terasa sedikit spooky! Terlebih lagi terdapat patung tanpa muka yang biasa kita lihat di film The Lord of The Ring, patung ini disebut patung anonymous.

3 Hari di Budapest - Hari Kedua2

3 Hari di Budapest - Hari Kedua4

3 Hari di Budapest - Hari Kedua3

3 Hari di Budapest - Hari Kedua6

3 Hari di Budapest - Hari Kedua8

Vajdahunyad Castle

3 Hari di Budapest - Hari Kedua5

Anonymous Statue

Selain Vajdahunyad Castle, ada juga Gundel yang menjadi tempat pertunjukan film independent outdoor dari para pembuat film Hungaria. Ketika aku berada disitu, sedang diputar sebuah film drama romantis, walau tidak mengerti bahasanya, namun menonton sebentar film tersebut seru juga, apalagi ini gratis!

3 Hari di Budapest - Hari Kedua7

Pertunjukan Film Outdoor

 

Sambil terus berjalan, aku melewati sebuah bangunan yang begitu indah. Aku pikir tadinya itu another museum, setelah dengan pede-nya masuk dan ingin mencari tahu, aku rada bingung melihat banyak orang-orang yang seliweran dengan membawa handuk. Ternyata oh ternyata, itu adalah tempat spa. Eits, jangan salah sangka dulu. Ini bukan tempat spa biasa. Namanya adalah Széchenyi Thermal Bath. Rasanya seru juga untuk ikutan spa ditengah panas siang bolong begitu. Untuk masuknya, harganya sekitar 4100-4800 HUF. Harga dibedakan berdasarkan weekdays atau weekend, serta dengan cabin atau locker. Széchenyi Thermal Bath ini dibangun dengan gaya neo-baroque pada tahun 1909. Tempat ini memiliki 3 kolam renang outdoor dan 15 kolam renang indoor. Berenang di tengah-tengah bangunan yang desainnya seperti istana ini rasanya seperti berada di jaman raja-raja di film-film, begitu klasik dan eksostis.

3 Hari di Budapest - Hari Kedua9

Széchenyi Thermal Bath

Malamnya, aku mengunjungi Citadella, yang terletak di bukit Gellert di kota Buda dan merupakan puncak tertinggi kota Budapest. Menikmati pemandangan malam kota Budapest disini sangatlah indah! Sepanjang mata memandang, terlihat gemerlapan lampu kota yang spektakuler. Tersedia sebuah teropong yang dapat digunakan secara gratis bergantian untuk melihat kota Budapest dengan lebih jelas.  Di Citadella sendiri terdapat sebuah patung wanita yang mengangkat batang olive, simbol dari kedamaian. Di sampingnya terdapat patung anak muda yang melambangkan perlawanan terhadap fascism. Jika ingin mengunjungi Citadella, kamu bisa pergi dengan bus nomor 27 dari Móricz Zsigmond körtér.

3 Hari di Budapest - Hari Kedua11

Pemandangan kota dari Citadella

3 Hari di Budapest - Hari Kedua19

Patung Wanita di Citadella

Perjalanan hari kedua ini cukup membuatku lelah, namun juga senang. Senang karena berhasil melihat tempat-tempat baru dan menikmati berjalan kaki sendirian, walau terkadang nyasar sana-sini. Tapi semua itu adalah pengalaman yang menyenangkan dan berharga.

Besok adalah hari terakhir aku di Budapest. Penasaran bagaimana cerita perjalananku selanjutnya? Simak di artikel berikutnya 🙂

Cheers,

Dea

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s