3 Hari di Budapest – Hari Pertama

Pergi sendirian ke negara orang lain, tentunya menakutkan. Itu juga yang aku rasakan waktu pertama kali menginjakan kaki di negara orang lain. Tetapi begitu melihat kecantikan dari kota Budapest di Hungaria, ketakutan pun berubah menjadi rasa penasaran ingin menjelajahi seluruh kota tua ini.

Budapest sebelumnya adalah 2 kota yang berbeda, Buda dan Pest. Buda adalah kota di area perbukitan sedangkan Pest adalah dataran yang lebih landai. Kedua kota tersebut dipisahkan oleh sungai cantik yang lebar, bernama Danube. Pada tahun 1873, kedua kota ini pun bergabung menjadi satu dengan nama Budapest. Budapest merupakan capital city dari negara Hungaria dan salah satu kota terbesar di persatuan Uni Eropa.

 

Where to Stay?

Di Budapest, aku tinggal di sebuah hostel bernama Rila (www.hotelrila.com), yang sebetulnya memiliki hotel dan hostel. Aku menempati sebuah kamar yang terdiri dari 3 tempat tidur dengan kamar mandi didalamnya, seharga 18 euro/malam. Jika kamu beruntung, seperti aku saat itu, kamu bisa menempati kamar tersebut sendirian. Hostel ini dekat dengan stasiun Metro line 3.

Petualangan Hari Pertama

Tujuan pertama adalah Castle Hill (Varhegy) yang terletak di  Szent Gyorgy Ter, Budapest 1014, Hungary (Várkerület).  Seperti namanya, ini adalah sebuah bukit yang mempunyai banyak kastil-kastil indah dalam satu area. Cara termudah untuk ke Castle Hill adalah dengan menaiki bus nomor 16 dari Deak Ferenc tér ke Dísz tér, tengah-tengah antara Kota Tua dan Royal Palace. Pilihan lainnya adalah dengan menaiki metro line M2 dari stasiun Moszkva tér, kemudian berjalan menaiki tangga di bagian timur laut alun-alun dan sepanjang  jalan I Várfok ke Gerbang Vienna.

Sambil berjalan-jalan santai di area Castle Hill, kamu bisa menemukan St. Matthias Church dengan atap warna warninya yang memukau, bangunan-bangunan tua bernuansa Medieval, para anak muda yang sedang berlatih choir, bahkan penarik kereta romantis yang sedang membawa turis. Tidak hanya itu, hal terbaik dari tempat ini adalah, kamu bisa melihat keseluruhan kota Budapest yang menarik untuk diabadikan dengan kamera.

3 Hari di Budapest - Hari Pertama2

3 Hari di Budapest - Hari Pertama1

3 Hari di Budapest - Hari Pertama10

3 Hari di Budapest - Hari Pertama3

Betapa beruntungnya aku, datang ke kota ini ketika mereka sedang merayakan hari kemerdekaannya. Perayaan dimulai dengan adanya Festival of Folk Arts, dimana kamu bisa melihat orang-orang Hungaria menggunakan baju-baju tradisionalnya. Stand makanan tradisional juga bertebaran dimana-mana, dari roti-roti besar yang bernama Kurtos Kalacs dengan rasanya yang manis, masakan daging-daging berbumbu, permen-permen dan buah-buah kering, sampai mojitos tradisional yang segarnya bikin jalan-jalan siang dengan cuaca 40 derajat itu terasa lebih menyenangkan.

3 Hari di Budapest - Hari Pertama11

3 Hari di Budapest - Hari Pertama12

3 Hari di Budapest - Hari Pertama5

3 Hari di Budapest - Hari Pertama4

3 Hari di Budapest - Hari Pertama6

3 Hari di Budapest - Hari Pertama7

3 Hari di Budapest - Hari Pertama13

3 Hari di Budapest - Hari Pertama14

Budapest di musim panas, memang gila-gilaan panasnya. 40 derajat! Namun kamu tidak akan banyak berkeringat, karena kelembabannya berbeda dengan Indonesia. Hanya saja jangan lupa pakai lotion dan sun block jika tidak ingin kulit jadi kering, pelembab bibir juga sangat dianjurkan. Sedangkan, kalau kamu pakai payung, pastilah orang-orang di Budapest akan memandang dengan keheranan dan berpikir “What an Asian!”  Buat mereka, cuaca panas ini adalah hal yang sangat dinanti-nanti, karena sebentar setelah summer berakhir, Budapest akan mengalami cuaca dingin dan bahkan bersalju di saat winter.

Pukul 5 sore, orang-orang sudah berkumpul di sepanjang sungai Danube, karena malam nanti, akan ada pesta kembang api besar-besaran di depan gedung Parliament (Orszaghaz). Gedung Parliament yang terletak di Kossuth Lajos ter 1-3, Budapest (Belváros-Lipótváros) ini adalah pusat pemerintahan Hungaria. Bangunan tua dengan atap neo-gothic ini sangat cantik loh dan terlihat eye catching. Untuk mengunjunginya sebaiknya booked terlebih dahulu dengan mengikuti group tour karena tiket harus dibeli dari Tourist Office melalui surat di  1357 Budapest, Kossuth tér 1-3 dengan harga tiket masuk sebesar  2520 HUF (Hungarian Forint ; 1 Forint = 52 Rupiah, jadi kira-kira Rp. 132.000,-). Aku yang tidak tahu, menskip gedung ini dan hanya mengagumi dari luar sambil berjalan kaki menuju Margaret Island (Margitsziget). Iya betul, sebuah island di tengah kota! Ini yang menarik dari Budapest, jarang-jarang ada satu kota besar dengan sebuah pulau di tengahnya.

3 Hari di Budapest - Hari Pertama15

3 Hari di Budapest - Hari Pertama8

Parliament Building

Margaret Island ini terletak di antara sungai Danube dan mempunyai  kebun bunga, jogging track, pohon-pohon yang indah serta Classical Dancing Water Fountain.  Uniknya, air mancur di tengah taman ini dapat menari-nari sesuai dengan musik klasik yang sedang diputar. Seru sekali! Sambil menunggu pesta kembang api mulai, aku duduk-duduk di taman ini sambil ngemil buah-buah kering yang tadi kubeli. Ternyata, taman ini merupakan tempat favorite masyarakat Budapest, karena selain aku, banyak sekali warga kota yang berkunjung ke tempat ini. Orang-orang tua dengan anak-anaknya, anak-anak muda yang bermesraan dengan pasangannya, sampai mereka-mereka yang hanya ingin menikmati waktu tenang sambil membaca buku. Sayang, saking terkagum-kagumnya dengan si Air Mancur dan atmosphir di taman ini, aku pun lupa mengambil photo tempat ini.

Malam pukul 8, pesta kembang api pun di mulai. Inilah saat dimana lautan penduduk Budapest memenuhi semua sudut sungai Danube. Supaya jelas, aku pun duduk di pagar pembatas jalan, maklum, secara tinggi badan, aku kalah total dengan orang-orang Hungaria ini. Lucunya, di Budapest jarang sekali terdapat turis Asia, aku tidak bertemu orang Asia satu pun juga saat berada di kota ini. Pesta kembang apinya sendiri berlangsung dengan meriah dan cukup lama. Baru kali ini saya merayakan kemerdekaan negara lain, dan rasanya sangat menyenangkan!

3 Hari di Budapest - Hari Pertama9

3 Hari di Budapest - Hari Pertama16

Stay tune ya, untuk mengikuti Petualangan ku di kota Budapest ini pada hari kedua pada artikel berikutnya 🙂 http://wp.me/p3rRlp-ti

Cheers,

Dea

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s