ARADEYATA si Local Brand Keren Ikutan #SmescoNV

Yoga merupakan salah satu aktifitas olahraga yang mulai banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia dewasa ini. Apalagi sejak tanggal 21 Juni kemarin, ketika beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Jogjakarta dan Bali, ikut serta meramaikan hari Yoga Internasional yang dirayakan secara mendunia, sontak saja banyak sekali anak-anak muda maupun mereka yang paruh baya mulai mengakrabkan diri dengan jenis olahraga ini.

Jogjakarta-For-A-Weekend-Dea_Sihotang (10)Yoga sudah menjadi olahraga rutin bagi sebagian orang di Indonesia.

 

Selain membantu mengolah badan untuk memperoleh postur badan yang semestinya, yoga juga mulai disukai karena dinilai dapat menurunkan tingkat stress masyarakat perkotaan. Setelah seharian sibuk di kantor dan merasa penat, dengan melakukan yoga akan membuat pikiran kita menjadi relaks. Yoga yang juga mengajarkan untuk bermeditasi, tenang, memiliki sikap let it go, menghargai tubuh dan sekitar kita, dinilai banyak memberikan dampak positif terutama untuk menurunkan tingkat emosi seseorang dan membuat perangai seseorang menjadi lebih tenang dan damai.

 

Melihat hal tersebut, tidaklah salah jika akhirnya yoga sendiri menjadi ajang kancah bisnis baru bagi para pengusaha. Bila ditilik dari akun-akun sosial media yang beredar, sudah banyak terlihat penjual-penjual peralatan yoga, baik berupa baju olahraga, sport bra, leggings atau yoga pants, yoga mat, tas yoga hingga pernak-pernik lainnya seperti tali yoga, balok yoga, handuk yoga, blanket yoga, aroma therapy dan produk-produk lainnya. Yoga dan penggiatnya telah menciptakan suatu dunia bisnis tersendiri yang cenderung akan menjadi semakin besar. Menarik bukan? Sayangnya, banyak produk-produk tersebut yang berlabelkan brand-brand dari luar negeri. Sayangnya juga, beredar pandangan dengan memiliki brand luar tersebut dianggap pemilik akan menjadi lebih keren dan menimbulkan prestige saat menggunakannya.

now-launching-aradeyata-11Saya dan teman saya, penggagas local brand Aradeyata.

 

Namun apakah prestige tersebut? Prestige bagi setiap orang memang berbeda-beda. Buat saya sebagai orang Indonesia, saya akan sangat bangga jika bisa menggunakan produk yang dibuat oleh bangsa sendiri. Apalagi jika sampai teman-teman saya di luar negeri sana dapat melihat saya menggunakan produk tersebut dan tertarik untuk menggunakan produk yang sama. Melimpahnya kekayaan bahan material di Indonesia dan indahnya adat budaya Indonesia akhirnya menerbitkan ide untuk membuat produk yoga buatan dalam negeri. Asli karya anak Indonesia.

now-launching-aradeyata-31Ketika melakukan photo session untuk website kami www.aradeyata.com

 

Lahirlah Aradeyata, sebuah ide kreatif yang dibuat oleh saya dan seorang teman yang juga mencintai Indonesia dan yoga. Kami membuat tas-tas yoga dari kain batik Indonesia. Warna-warni kain Indonesia yang indah dan mempesona membuat tas-tas yoga tersebut menjadi eye catching dan tidak kalah menarik dengan tas-tas yoga berlabel brand international yang dijual di pasaran baik offline maupun online dengan harga setinggi langit.

now-launching-aradeyata-51Memberdayakan sumber daya yang ada dan kreasi diri, merupakan kunci kami agar tetap kreatif.

 

Betul, barang-barang kaum yogi (sebutan para penggiat yoga) terkadang luar biasa tinggi harganya, bisa mencapai diatas budget kantong tipis saya. Padahal dengan membuat tas-tas yoga dari bahan material kain Indonesia sendiri dan menggunakan sumber daya manusia Indonesia sendiri, akan menciptakan suatu produk berkualitas tinggi yang harganya jauh lebih rendah di banding harga tas-tas yoga brand luar yang beredar di pasaran.

 

Keren? Tentu saja tidak perlu ditanya lagi. Indonesia yang begitu kaya akan jenis kain-kain dari berbagai macam budayanya menciptakan pattern indah yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Ditambah desain yang oke, tentu saja membuat produk local brand Aradeyata lebih keren dan dapat bersanding dengan produk-produk brand luar.

 

Pemberdayaan local brand bukan saja akan meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia, namun ini juga akan memicu tingkat kreatifitas masyarakat Indonesia. Coba saja tengok barang-barang mahal berlabel internasional… Jangan kaget jika ternyata ada sebuah tulisan kecil tertera di produk yang menyatakan produk tersebut adalah “Made in Indonesia,” padahal kita membelinya dengan harga mahal di sebuah store brand international yang notabene menjual barang-barang import, namun ternyata yang memproduksi adalah negeri sendiri. Ironis bukan?

Jogjakarta-For-A-Weekend-Dea_Sihotang (22)Salah satu koleksi tas yoga Aradeyata.

 

Sudah saatnya Indonesia dan para penduduknya untuk lebih memilih dan menggunakan produk buatan negeri sendiri. Masyarakat Indonesia dewasa ini sudah kaya akan ide-ide brilian yang out of the box dalam menciptakan produk-produk keren yang dapat digunakan sehari-hari. Desain-desain yang diciptakan mampu mengikuti trend fashion dan menciptakan trend-trend yang baru. Dengan semakin terbukanya kesempatan para penggiat bisnis dalam negeri untuk memproduksi barang-barang buatan mereka sendiri, maka industri kita akan semakin maju dan tidak kalah bersaing dengan brand international di kancah perdagangan dunia.

now-launching-aradeyata-21Membumi, koleksi tas yoga lainnya dari Aradeyata.

 

Diharapkan dengan adanya campur tangan dan dukungan dari Kementerian Perdagangan dan Pemerintah Indonesia dalam menyokong pertumbuhan local brand, akan membuat para pengusaha local brand menjadi semakin bebas berekspresi dan berkreasi. Di mulai dengan kesempatan-kesempatan untuk mengikuti pameran dalam negeri, seperti pameran-pameran kerajinan tangan yang diadakan di SMESCO, akan membuka kesempatan mempromosikan produknya bagi para pembisnis lokal. Semoga dengan adanya lomba blog SMESCO Netizen Award dengan tema Local Brand Lebih Keren ini, baik dari pemerintah, pelaku bisnis maupun pengguna produk akan dapat bersama-sama membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada produk dalam negeri untuk dapat berkembang sehingga bisa bersanding bahkan dapat mengalahkan produk dari negara-negara lain.

 

Salam cinta produk dalam negeri,

Dea Sihotang

Disclaimer

 

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s