SMESCO Netizen Award, Lebih dari Sekedar Ajang Kumpul Anak Muda

Menyenangkan.

Mungkin itu kata yang paling tepat yang boleh aku sampaikan mengenai acara SMESCO Netizen Award yang kudatangi hari Minggu kemarin. Tepat tanggal 25 Oktober 2015 adalah pertama kalinya aku menapaki area gedung Smesco. Selama ini, aku beberapa kali telah melewati gedung ini, namun ku pikir tempat ini hanyalah another building yang membosankan. Ternyata aku salah besar! Untung saja aku hadir di acara SMESCO Netizen Award. Bukan hanya aku jadi mengerti bahwa isi dan fungsi gedung Smesco ini ternyata bukan hanya sebagai tempat pameran atau Wedding Hall, namun juga acara ini merupakan salah satu ajang positif bagi para anak muda pengguna social media. Jadi apa itu SMESCO Netizen Award?

smesco-netizen-award-dea-sihotang (1)

Acara Smesco Netizen Award, Local Brand Lebih Keren

Acara ini adalah sebuah ajang kompetisi kreatif bagi para insan muda Indonesia. Dengan taglinenya yaitu Local Brand Lebih Keren, Smesco berusaha menggaungkan kecintaan akan produk-produk karya anak bangsa. Diharapkan dengan mengikuti acara ini, anak-anak muda Indonesia akan lebih mencintai dan menggunakan produk-produk asli buatan Indonesia.

smesco-netizen-award-dea-sihotang (2)

Youth of the Day, salah satu program Smesco Netizen Award

 

Memang perlu diakui, bahwa kecintaan kita akan produk lokal masih tergolong minim. Itu bisa terlihat dari tingginya rasa prestige yang dimiliki seseorang ketika mereka menggunakan merek luar yang terkenal, namun tidak begitu ketika mereka menggunakan produk dalam negeri. Walaupun secara kualitas, produk dalam negeri boleh di bilang tidak kalah dengan produk dalam negeri. Semua itu karena pengaruh dari brand image luar negeri yang selama ini selalu dibombardirkan. Iklan-iklan di seluruh media massa yang notabene selalu menayangkan produk-produk luar negeri, turut berperan serta mengolah pikiran dalam pengguna produk, bahwa jika mereka menggunakan produk tersebut maka mereka akan menjadi keren.

smesco-netizen-award-dea-sihotang (3)

Salah satu tas keren dari Bengkulu

smesco-netizen-award-dea-sihotang (4)

Tas Etnik dari Papua

 

Padahal local brand sendiri tidak kalah keren. Bahkan lebih keren. Kalau tidak percaya, coba deh main-main ke Smesco. Aku sendiri ternganga heran melihat barang-barang unik dan berkualitas yang dipajang di sini. Ga nyangka kalau itu semua buatan anak bangsa! Mulai dari baju-baju yang di desain secara detil dan kreatif dan terlihat begitu modis digunakan oleh patung-patung peraga, lalu tas-tas serta pernak-pernik etnik tradisional yang dipadupadankan dengan seni kontemporer modern, membuat produk-produk yang dipamerkan terlihat up-to-date dan tidak membosankan. Aku terkesima dan kalau tidak ingat waktu, bisa seharian berkeliling gedung Smesco dari lantai per-lantai sambil ngeces kepengen ini dan itu.

smesco-netizen-award-dea-sihotang (5)

Pavilion dari DKI Jakarta

smesco-netizen-award-dea-sihotang (6)

Produk-produk Aroma Therapy dari Bali

 

Selain kualitas yang tidak kalah dengan produk luar negeri, tentunya dari soal harga, barang-barang produksi dalam negeri jauuuhh lebih enak di kantong dari pada brand luar. Jadi dipikir-pikir, menggunakan produk dalam negeri memang lebih banyak untungnya daripada ruginya.

smesco-netizen-award-dea-sihotang (7)

Produk-produk tas tenun yang trendy

 

Keuntungan lain yang bisa diperoleh dari penggunaan local brand adalah, bahwa kita ikut membangun bangsa! WOW! Keren banget kan!! Berpartisipasi membangun negeri sendiri adalah kesempatan langka dan sangat membanggakan. Selama kita hidup di bumi Indonesia ini, meminum air dan memakan hasil tanahnya, tidak ada hal lainnya yang patut kita lakukan untuk negeri Indonesia, selain secara bergotong royong ikut membangun bangsa. Dengan membeli produk dalam negeri, kita secara langsung membuat teman-teman kita di dalam negeri memperoleh kehidupan yang lebih baik. Bahkan di beberapa tempat, seperti desa-desa di Sumba, Nusa Tenggara Timur, contohnya, hasil tenun kain Sumba merupakan salah satu penghasil devisa terbesar bagi keluarga-keluarga kecil di Sumba.

smesco-netizen-award-dea-sihotang (8)

Hasil kerajinan tangan dari Papua

 

Keberadaan Smesco merupakan sebuah “jawaban” perpanjangan tangan bagi para pengrajin di seluruh Indonesia. Kita semua tahu bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan yang begitu besar. Dari Sabang sampai Merauke, kita selalu punya barang-barang unik yang dibuat berdasarkan budaya masing-masing daerah. Namun terkadang, untuk mempromosikan produk-produk tersebutlah yang bisa dibilang sulit karena factor jarak dari satu daerah ke daerah lainnya sangat jauh, terutama untuk desa-desa pengrajin yang letaknya terpencil. Dengan adanya Smesco disini, sebagai hub center para pengrajin Indonesia, membuat mereka lebih mudah untuk bisa mempromosikan produk-produk asli buatan dalam negeri.

 

Hal tersebut baru aku pahami ketika mendengar penjelasan dari Direktur Smesco, bapak Ahmad Damadi, ketika menyampaikan tentang peran serta Smesco dalam sebuah workshop tanya jawab yang menjadi salah satu program SMESCO Netizen Award siang itu. Bapak Ahmad menyatakan bahwa Smesco merupakan kantornya para Usaha Kecil Menengah (UKM). Di Smesco, para penggiat UKM dapat berkantor di fasilitas coworking space yang telah disediakan. Mereka pun bisa melakukan pertemuan bisnis di gedung ini, dan yang lebih keren lagi adalah mereka bisa memperoleh kesempatan untuk melakukan display produk di Gallery Wow Indonesia, tentunya setelah melewati hasil kurasi dari team Smesco.

smesco-netizen-award-dea-sihotang (9)

Bincang-bincang santai dengan Direktur Smesco

 

Pak Ahmad juga meyakinkan bahwa Smesco mendukung penuh para pengrajin UKM agar maju, sehingga tidak perlu khawatir atau takut untuk menyampaikan barang-barang kreasi mereka, karena tim Smesco pun akan memberikan arahan dan pelatihan dari mulai quality control barang, melakukan penataaan display barang yang baik, hingga packaging. Wah, menarik banget kan! Jadi pengen buka usaha ga sih, teman?

smesco-netizen-award-dea-sihotang (10)

Salah satu fasilitas yang ada di Smesco, Coworking Space area untuk para pengusaha UKM

 

Selain dari bantuan arahan langsung untuk para pengrajin UKM, Smesco juga mempunyai banyak program lainnya untuk mempromosikan kecintaan akan produk dalam negeri. Salah satunya adalah Smesco goes to Campus, atau pun laboratorium kewirausahaan untuk para mahasiswa. Smesco menyadari bahwa untuk membentuk kecintaan akan produk dalam negeri, harus di mulai dari generasi muda yang notabene berdampak besar pada masa ini dan masa yang akan datang, serta yang paling banyak terpengaruh oleh produk asing. “Tidak ada bangsa besar yang tidak bangga akan bangsanya sendiri. Kebanggaan tersebut dapat terlihat dari mencintai produk dalam negeri. Jika kita membeli produk asing, sebetulnya secara tidak langsung, kita sedang membantu UKM Negara asing dan melupakan UKM negeri sendiri,” ujar bapak Ahmad dengan tegas kala itu.

 

Nah buat kamu-kamu yang berminat bikin usaha dan pengen serius jadi pengusaha local brand yang keren atau istilahnya entrepreneur, kenapa engga kamu berkunjung ke Smesco. Kalau kamu kesini, kamu pasti akan terinspirasi akan banyaknya peluang yang ada dan betapa supportnya pemerintah Indonesia untuk pengembangan usaha lokal.

 

Lalu buat kamu-kamu yang hanya ingin visit, silahkan saja… Sediakan waktu yang cukup karena kamu pasti akan terpesona melihat barang-barang karya Indonesia yang dipamerkan disini. Tidak perlu jauh-jauh jika ingin Kopi Aceh, kamu bisa langsung datang ke booth makanan. Juga tidak perlu jauh-jauh kalau kamu ingin koleksi Koteka Papua, berbagai macam ukuran Koteka tersedia di pavilion store Papua.

smesco-netizen-award-dea-sihotang (11)

Koleksi Koteka dari Papua

 

Serius deh, local brand memang jauuuhh lebih keren. Yuks kita sebarkan kecintaan kita akan produk dalam negeri ini, dimulai dari diri sendiri, lalu sebarkan ke keluarga dan teman-teman kita, termasuk teman-teman kita di social media. Sebagai seorang netizen, kita bisa kok mengampanyekan produk-produk negeri sendiri dan ikut membangun bangsa. Apalagi jika kita juga ikut menggunakan produk dalam negeri. Kamu jadi keren banget pasti!

 

Salam Indonesia,

Dea Sihotang

Disclaimer

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s